RI Ekspor Lagi Buah Manggis ke China

Ekspor manggis Indonesia ke sejumlah negara terus berjalan seiring banyaknya peminat dari pasar luar negeri terhadap buah tropis eksotik yang dikenal sebagai The Queen of Fruits dengan segudang manfaat. Selain daging buahnya segar, ekstraksi kulit manggis banyak menjadi bahan baku industri farmasi dan kosmetik di negara tujuan ekspor. Negara empat musim seperti China dan Eropa menjadi salah satu destinasi favorit ekspor buah-buahan tropis termasuk manggis.

“Kita kembali ekspor manggis via Pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Internasional Minangkabau, melanjutkan rangkaian ekspor manggis sebelumnya. Pekan pertama September ini diberangkatkan 80 ton oleh PT Bumi Alam Sumatera melalui Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitar 6,5 ton diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau oleh PT Buah Segar,” ujar Direktur Buah dan Florikultura, Ditjen Hortikultura, Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman di Padang, Selasa (10/9).

Sambung dia menyebutkan, tujuan ekspor utama adalah China, dimana Manggis tersebut berasal dari Pasaman, Agam, Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Sebagian lagi ada yang dari Penyabungan atau Mandailing Natal Sumatera Utara. “Sejak Januari hingga awal September 2019 ini, kedua eksportir tersebut sudah mengekspor 3 ribu ton lebih manggis,” tambah Liferd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *