Bentuk Hama Boleng Pada Ubi

Budi daya ubi jalar terbilang salah satu budi daya tanaman yang paling hemat biaya kerena tidak memerlukan perawatan intensif sebagaimana yang dilakukan pada budi daya tanaman lainnya. Meski demikian, pada budi daya ubi jalar juga terkadang masih ditemukan adanya kendala yang dapat mengancam produksi hasil panennya.

Keberadaan hama menjadi faktor penggangu utama yang bisa menurunkan kualitas dan kuantitas hasil panen dari ubi jalar. Salah satu hama yang cukup populer yang seringkali menyerang tanaman ubi jalar adalah hama boleng atau Cylas formicarius yang secara langsung dapat menyerang pada bagian umbinya.

Hama boleng tergolong ke dalam jenis kumbang kecil yang dapat menghisap cairan tanaman mulai dari batang, umbi, dan buah. Kumbang dewasa biasanya berukuran panjang 5-7 mm, ramping, halus, punggung keras, dan moncong yang runcing ke depan. Bagian kepala, sayap depan dan perut berwarna biru metalik sedangkan kaki dan rongga dada berwarna cokelat kemerahan.

Sementara itu, kumbang betina dan jantan dapat dibedakan dari bentuk antena dan ukuran tubuhnya. Ujung antena kumbang betina berbentuk gada, sedangkan yang jantan berbentuk benang. Biasanya ukuran tubuh kumbang betina lebih besar dari kumbang jantan.

Iklim yang panas dan kering sangat cocok untuk perkembangbiakan hama ini. Hama ini dapat bertahan hidup secara optimal pada suhu 27-30oC. Satu siklus hidupnya dapat diselesaikan dalam waktu 33 hari. Kumbang betina dapat hidup antara 75-105 hari dan seekor betina dapat bertelur antara 100-250 butir.

Perlu diketahui bahwa stadia larva dari hama boleng ini dianggap paling berbahaya karena dapat memakan daging ubi dari dalam. Cirinya ditandai dengan adanya lubang-lubang kecil dipermukaan kulit ubi yang apabila dikupas maka akan ditemukan ulat di dalamnya.

Hama yang dapat merusak umbi sejak ubi masih di kebun hingga di tempat penyimpanan ini, biasanya mudah menyebar pada saat musim kemarau dan mampu menurunkan hasil panen berkisar antara 10-80%.

Serangan hama boleng pada ubi jalar memang sangat merugikan karena ubi yang sudah terserang oleh larva boleng bisa dipastikan tidak akan bisa dijual karena bagian dalamnya membusuk dan akan terasa pahit apabila dimakan.

Oleh karena perlu dilakukan langkah pengendalian yang tepat agar dapat meminimalisir kerugian yang akan diterima selanjutnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan serangan dari hama boleng.

Menanam Varietas Ubi Jalar yang Tahan Boleng

Jenis ubi yang memiliki kulit merah dan dagingnya putih lebih rentan terhadap serangan boleng. Ini karena karakteristik tanaman ubi ini membentuk umbi ke atas (menyembul ke permukaan tanah) sehingga akan mudah untuk ditemukan oleh hama boleng.

Untuk menghindari hal tersebut, maka bisa dilakukan penanaman ubi menggunakan varietas ubi jalar yang tahan boleng seperti ubi cilembu, ubi ungu, dan lainnya. Varietas ini terkenal membentuk umbi di kedalaman tanah sehingga tidak terjangkau oleh imago hama boleng.

Pengendalian Kultur Teknis

  • Pengendalian hama dengan melakukan rotasi tanaman dengan tanaman bukan inang akan memutus siklus kumbang disamping dengan melakukan sanitasi lahan yaitu dengan membersihkan dari sisa-sisa umbi atau batang yang terserang.
  • Untuk penanaman disarankan dengan penggunaan stek pucuk karena biasanya telur hama boleng diletakkan pada umbi atau batang yang dekat dengan permukaan tanah.
  • Perlu dilakukan pengairan secara rutin agar tanah disekitar pertanaman tidak retak sehingga memudahkan kumbang masuk ke dalam tanah.
  • Selain itu, bisa juga dengan cara menaikan guludan sebelum kumbang muncul dan bertelur, disamping melakukan panen lebih awal 1-2 minggu dari masa panen yang ditentukan.

 

Menggunakan Insektisida Sistemik

Insektisida sistemik bersifat racun yang menyebar keseluruh jaringan tanaman. Maka dari itu setiap seragga yang memakan bagian dari tanaman akan mengalaami keracunan. Racun sistemik yang bisa digunakan adalah imidakloprid, dimetoat atau asefat. Insektisida sistemik lebih efisien untuk mengatasi hama boleng yang notabenenya berada di dekat akar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *