Tumbuhan Gulma Yang Kaya Manfaat , Krokot

Tanaman krokot seringkali dianggap sebagai gulma, karenanya tidak heran jika sering dicampakkan begitu saja. Meski dianggap mengganggu, ternyata tanaman krokot memiliki manfaat yang cukup luar biasa.

Tanaman ini bahkan telah dikenal di seluruh dunia sebagai tanaman yang dapat dimakan sekaligus memiliki manfaat kesehatan. Krokot memiliki kandungan antioksidan dan vitamin-vitamin penting. Selain itu, Krokot juga mengandung sejumlah besar protein yang dapat memberikan kecukupan energi.

Tanaman krokot mengandung banyak nutrisi, diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, asam lemak omega 3, asam alfalinolenat, dan mineral penting dari mulai magnesium, kalsium, kalium, natrium, mangan, dan anti-oksidan tinggi.

Krokot (Portulaca oleracea) memiliki ciri fisik batang yang berwarna merah keunguan, bentuknya gemuk dan tebal. Daunnya berwarna hijau berbentuk bulat telur tebal dan berdaging, serta bunganya berwarna kuning sulfur.

Krokot masuk dalam keluarga tumbuhan Portulacaceae dan memiliki banyak spesies yang bernama awal Portulaca. Krokot dapat mencapai ketinggia 50 cm dan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman untuk makan ternak. Sekitar 40 varietas dari tanaman ini sudah dapat dibudidayakan.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman krokot yang sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan:

  • Menyehatkan jantung

Seorang ahli nutrisi dan kesehatan di Washington DC, AS telah menemukan dalam penelitiannya bahwa daun krokot memiliki kadar omega-3 tinggi. Ini dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan bisa meningkatkan keseimbangan kolesterol yang baik di aliran darah. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 terbukti mengurangi risiko kardiovaskular dan aterosklerosis, sehingga bisa mencegah stoke dan serangan jantung.

  • Mencegah gangguan perkembangan pada anak

Daun krokot juga bermanfaat bagi anak-anak. Tingginya kadar omega-3 yang dikandungnya membantu mencegah gangguan perkembangan anak, seperti autisme dan ADHD.

  • Mengobati penyakit yang berkaitan dengan usus

Daun krokot banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan usus, seperti wasir, diare dan disentri. Di China, krokot merupakan salah satu obat tradisional yang dikenal dengan nama Ma Chi Xian.

 

  • Mengobati kelebihan asam urat

Kandungan dalam daun krokot ampuh menurunkan kadar purin dalam darah. Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C ampuh sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidan yang berkhasiat mengurangi pembengkakan dan inflamasi pada sendi. Kandungan serat tinggi dalam daun krokot sangat ampuh membantu menyerap kadar asam urat dalam darah sehingga asam urat akan turun.

Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit di atas, daun krokot juga ampuh menyembuhkan penyakit lainnya seperti melancarkan aliran darah, mencegah penyakit paru-paru, menghilangkan nyeri dan pegal, serta berkhasiat sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi daun krokot?

Caranya cukup mudah dan sederhana yaitu hanya dengan membersihkan daun krokot dan merebusnya dalam air hingga mendidih dan menyusut. Selanjutnya, air rebusan krokot diminum secara rutin. Selain dengan cara diminum, daun krokot juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *